RPP Matematika Bangun Ruang Kelas 5 SD Kurtilas Revisi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 1 Sarasvati
Kelas / Semester : 5 / 2 (Dua)
Pelajaran : Matematika
Sub Pelajaran ke- : 2 (
Jaring-jaring kubus & balok)
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Hari / Tanggal :, 02 April 2020
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD)
3.6 Menjelaskan, dan menentukan jaring-jaring
bangun ruang sederhana (kubus dan balok).
4.6 Membuat
jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok).
C. Indikator
3.6.1 Menentukan jaring-jaring kubus.
3.6.2 Menentukan jaring-jaring balok.
4.6.1 Membuat jaring-jaring kubus.
4.6.2
Membuat jaring-jaring balok.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar dan teks, siswa
dapat menentukan jaring-jaring kubus.
2. Melalui pengamatan gambar dan isi
teks, siswa dapat menentukan jaring-jaring balok.
3. Dengan mengamati gambar dan
penjelasan guru, siswa dapat membuat jaring-jaring kubus.
4. Dengan mengamati gambar dan penjelasan
guru, siswa dapat membuat jar
ing jaring balok.
E.
Media / Alat Bantu dan Sumber
Belajar
1. Buku Siswa Matematika “Senang
Belajar Matematika” Kelas V, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia 2018.
2. Buku Guru Matematika “Senang Belajar
Matematika” Kelas V, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia 2018.
3. Kertas lipat
4. Kardus
5. Lem
6. Gunting
F. Pendekatan & Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Strategi : Coomperative Learning
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Pengamatan Diskusi, dan Latihan.
G.
Materi Pembelajaran
1. Menentukan dan membuat jaring-jaring
kubus.
2. Menentukan dan membuat jaring-jaring
balok.
H .
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
|
●
Guru memberi salam kepada siswa saat akan memulai
pelajaran.
●
Guru meminta
perwakilan kelas atau ketua murid untuk memimpin doa sebelum belajar.
●
Guru mengajak semua siswa untuk menyanyikan lagu Indonesia
Raya bersama-sama.
●
Guru menanyakan kabar kepada siswa . “ Bagaimana kabar
kalian? Apakah sehat semua?”
●
Guru meminta siswa untuk membaca buku apa saja yang mereka
punya selama 5 menit. Kegiatan ini
bertujuan untuk meningkat kemampuan membaca dan literasi siswa.
●
Guru membuka pelajaran dengan meminta kepada semua siswa
untuk membaca teks dan mengaamati gambar yang ada di buku cetak
masing-masing.
●
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar teks da
gambar yang ada di buku.
ü Apa yang mereka lakukan pada
gambar tersebut?
ü Gambar apakah yang kamu amati?
ü Bangun apakah yang terbentuk pada
benda-beda yang ada di gambar tersebut?
●
Guru meminta siswa untuk memberi satu atau dua pertanyaan
mengenai jaring-jaring kubus dan balok. Pertanyaan –pertanyaan tersebut
ditulis di buku mereka masing-masing. Kemudian akan terjawab dengan sendirinya
selama proses belajar berlangsung.
●
Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan memiliki rasa
ingin tahu yang tinggi dan melatih berpikir kritis siswa. Kemudian siswa
dilatih untuk secara mandiri mencari jawaban atas pertanyaan –pertanyaan
mereka sendiri.
.
|
10 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
Ayo Mengamati
·
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok dengan meminta
siswa mengambil gulungan kertas yang di dalamnya sudah berisi nama kelompok.
Bagi siswa yang mendapat gulungan kertas yang sama menjadi satu kelompok.
Kelompok terdiri dari 3-4 siswa.
·
Guru meminta setiap anggota kelompok masing-masing untuk duduk
berdekatan dengan kelompoknya.
·
Guru meminta siswa untuk mengamati gambar pada buku cetak
dan menyimak aktivitas yang harus dilakukan oleh siswa yang ada di buku
cetak.
·
Setiap kelompok menyiapkan 1 kardus berbentuk balok,
cutter, guting, dan isolasi yang sebelumnya sudah tersedia di ruang kelas.
·
Bukalah kardus tersebut dengan memotong pada bagian
rusuk-rusuknya. Sisi kardus tidak boleh terpisah dengan yang lain.
·
Setelah kardus terbuka, gambarlah bentuknya.
·
Setiap kelompok mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan
berikut: Jelaskan proses yang kamu lakukan dalam kelompok! , Apakah haya ada
1 bentuk setelah kardus dibuka? , dan Apakah kesimpulanmu?.
·
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok di
depan kelas.
Jaring-jaring
balok
·
Guru meminta siswa mengamati gambar di halaman
selanjutnnya.
·
Guru meminta siswa untuk menjelaskan proses terbentuknya
salah satu jaring-jaring balok.
Asyik Mencoba
Asyik Berlatih
Jaring-jaring
kubus
·
Guru meminta siswa mengamati gambar yang ada di buku
cetak.
·
Guru meminta siswa menjelaskan proses pembuatan
jaring-jaring kubus sesuai gambar.
·
Guru membimbing siswa mengerjakan aktivitas secara
berkelompok .
·
Guru mengamati proses kelompok dengan menggunakan lembar
observasi.
·
Guru meminta siswa memresentasikan hasil kerja kelompok.
·
Guru meminta siswa memajang hasil kerja kelompok.
Asyik Mencoba
·
Guru meminta siswa mengerjakan kegiatan Asyik Mencoba.
·
Guru bersama siswa membahas kegiatan Asyik Mencoba.
Asyik Berkreasi
·
Guru meminta siswa secara individu untuk membuat dadu
berbentuk kubus dari kertas manila dengan dibimbing oleh guru.
·
Siswa diminta membuat jaring-jaring kubus terlebih dahulu
sebelum membuat dadu berbentuk kubus. Pinggiran jaring-jaring kubus diberi
sedikit lebihan kertas untuk menglem dan menyatukannya menjadi kubus.
Asyik Bereksplorasi
·
Guru membimbing siswa untuk membuat 1 buah balok dan 1
buah kubus menggunakan 1 lembar kertas manila. Gunakan ukuran untuk keduanya
semaksima mungkin agar kertas cukup dan tidak kurang.
·
Guru membimbing siswa merancang jaring-jaring balok dan
kubus terlebih dahulu.
·
Guru meminta siswa perwakilan setiap kelompok untuk
mempresentasikan dan membandingkannya, manakah siswa yang mendapat ukuran
maksimal.
Berpikir Kritis
·
Guru membimbing siswa menyusun 6 kertas lipat dan
mengidentifikasi jaring-jaring yang membentuk kubus.
Tugas Proyek
·
Guru membimbing siswa membuat 2 kotak kue yang berbentuk
balok dan kubus dari kertas karton dengan ukuran yang sesuai dengan kue yang
akan diisikan. Tugas proyek ini dilakukan secara berkelompok.
·
Guru meminta siswa mempresentasikan hasil tugas proyek.
·
Siswa diminta menjelaskan proses pembuatannya.
·
Siswa diminta menjelaskan alasan memilih ukurannya.
·
Siswa diminta menjelaskan berapa kue yang adapat dimasukan
dan kue apa yang cocok.
Mengerjakan Uji Kompetensi
·
Guru mengoreksi hasil jawaban bersama siswa sekaligus
membahas soal.
Rangkuman
·
Guru bersama siswa merangkum materi-materi selama
pembelajaran.
·
Siswa dapat menambahkan rangkuman pada buku catatan
berdasarkan temuan selama pembelajaran.
|
50
Menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
|
Pemberian Pekerjaan Rumah (PR)
Belajar Bersama Orang Tua
●
Guru membinbing siswa mengerjakan tugas rumah, tugas ini
dikerjakan bersama orang tua.
● Guru meminta siswa mengukur bak
mandi di rumah masing-masing, kemudian menghitungvolumenya.
Penutup
● Guru mengulangi secara singkat
mengenai materi yang sebelumnya dipelajari bersama.
●
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
●
Bersama - sama membuat kesimpulan mengenai hasil belajar
hari ini.
●
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran hari ini.
●
Guru meminta perwakilan siswa atau ketua murid untuk
memimpin doa setelah pembelajaran selesai.
●
Guru memberi salam kepada siswa.
|
10 Menit
|
I.
Penilaian Pembelajaran
1.
Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (Isian)
a. Skala pada Asyik Mencoba dan Asyik
Berlatih.
Pedoman Penskoran

Skor maksimal
Skor
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-65
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
K (Kurang)
|
Rekap Skor Siswa
No
|
Nama
|
Skor
|
Tuntas
|
Tidak Tuntas
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
b. Uji Kompetensi
Pedoman Penskoran

Skor maksimal
Skor
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-65
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
K (Kurang)
|
Rekap
Skor Siswa
No
|
Nama
|
Skor
|
Tuntas
|
Tidak
Tuntas
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Keterampilan
a. Membuat jaring-jaring balok dan
kubus
Kriteria
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Ketetapan Pengukuran
|
Pengukuran dibimbing guru secara penuh
|
Sebagian besar pengukuran dibimbing guru
|
Sebagian kecil pengukuran dibimbing guru
|
Dapat mengukur dengan tepat secara mandiri
|
Penggunaan alat dan bahan
|
Penggunaan dan bahan dibimbing guru secara penuh
|
Penggunaan dan bahan sebagaian besar dibimbing guru
|
Penggunaan dan bahan sebagaian kecil dibimbing guru
|
Penggunaan dan bahan secara mandiri
|
Kerapihan
|
Hasil kerja tidak rapih
|
Hasil kerja kurang rapih
|
Hasil kerja cukup rapih
|
Hasil kerja sangat rapih
|
Keterangan :
Hasil dari kegiatan ini tidak harus
dimasukan ke dalam buku nilai (sangat tergantung pada kesiapan siswa). Tujuan
utama dari hal ini adalah sebagai kegiatan untuk memahamkan keada siswa. Guru
dapat melihat keberhasilan pembelajaran hari ini dari hasil keseluruhan kelas
secara umum.
b. Membuat Pertanyaan dari gambar yang diamati
Penilian : Obsevasi ( Pengamatan )
Lembar
Pengamatan Kegiatan Bertanya
No.
|
Kriteria
Terlihat
|
Terlihat
(√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati
|
|
|
4.
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
Hasil
Pengamatan Kegiatan Bertanya
No.
|
Nama
|
Kriteria
1
|
Kriteria
2
|
Kriteria
3
|
Kriteria
4
|
||||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T : Terlihat
BT : Belum
Terlihat
Berliah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.
Kegiatan Pengayaan
1. Jika siswa sudah dapat membuat
jaring-jaring kubus, maka guru dapat memberikan soal latihan yang setara.
2. Jika siswa sudah dapat membuat
jaring-jaring balok, maka guru dapat memberikan soal latihan yang setara.
Soal Latihan Pengayaan
1. Guru meminta siswa membuat
jaring-jaring kubus dengan panjang sisi 20 cm.
2. Guru meminta siswa membuat
jaring-jaring balok dengan ukuran panjang 20 cm.
Kegiatan Remedial
1. Jika siswa belum dapat menentukan
jaring-jaring kubus, guru dapat memberikan bimbingan.
2. Jika siswa belum dapat menentukan
jaring-jaring balok, guru dapat memberikan bimbingan.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
………………………………
NIP. …………………………
|
…………………, ...............
Guru Matematika Kelas 5,
………………………………
NIP………………………….
|
Komentar
Posting Komentar